PHB GENAP SENI KELAS XI
1. Konsep membatik
2. Sejarah batik
3. Filosofi motif tumpal
4. Motif batik nusantara yang dikenal
5. Jenis-jenis motif dasar batik secara umum
6. Motif batik khas daerah Jawa Timur
7. Perbedaan corak batik tradisional dan modern
8. Perbedaan corak batik figuratif dan non figuratif
9. Makna motif batik tradisional
10. Jenis motif isen-isen
11. Alat-alat membatik
12. Bahan-bahan membatik
13. Jenis-jenis canting
14. Teknik-teknik membatik
15. Prosedur membatik
16. Konsep karya kriya
17. Unsur dan prinsip kriya
18. Fungsi karya kriya
19. Kedudukan Kriya di era modern
20. Bahan-bahan kriya
21. Alat-alat berkarya kriya
22. Teknik berkarya kriya
23. Kriya terkenal dari Jawa Timur (sekitar Surabaya)
24. Teknik kriya gerabah
25. Teknik kriya keramik
2. Sejarah batik
3. Filosofi motif tumpal
4. Motif batik nusantara yang dikenal
5. Jenis-jenis motif dasar batik secara umum
6. Motif batik khas daerah Jawa Timur
7. Perbedaan corak batik tradisional dan modern
8. Perbedaan corak batik figuratif dan non figuratif
9. Makna motif batik tradisional
10. Jenis motif isen-isen
11. Alat-alat membatik
12. Bahan-bahan membatik
13. Jenis-jenis canting
14. Teknik-teknik membatik
15. Prosedur membatik
16. Konsep karya kriya
17. Unsur dan prinsip kriya
18. Fungsi karya kriya
19. Kedudukan Kriya di era modern
20. Bahan-bahan kriya
21. Alat-alat berkarya kriya
22. Teknik berkarya kriya
23. Kriya terkenal dari Jawa Timur (sekitar Surabaya)
24. Teknik kriya gerabah
25. Teknik kriya keramik
Materi PHB2 SENI X 2122
1.
Konsep pergelaran teater
2.
Perencanaan pergelaran
3.
Jenis-jenis penonton
4.
Tugas penyelenggara teater
5.
Kegiatan artistik teater
6.
Kegiatan non artistik teater
7.
Tujuan manajemen teater
8.
Tahapan kegiatan manajemen teater
9.
Jenis-jenis tata rias
10.
Tips merias para pemain
11.
Teknik dasar pemain
12.
Jenis-jenis casting
13.
Jenis-jenis panggung
14.
Kelebihan dan kekurangan jenis/model panggung
15.
Blocking panggung
16.
Jenis suara dalam pentas
17.
Cara melatih olah pikiran dalam teater
18.
Tujuan olah tubuh
19.
Tujuan melatih intonasi
20.
Pemanfaatan tata lampu dalam pentas
21.
Efek tata lampu/lighting
22.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kehadiran jumlah
penonton