Selamat Datang di http://setohandoko.blogspot.com, belajar Seni Budaya-Teknologi Informasi-Bahasa Jawa, semoga bermanfaat

Wawasan Seni

A. PENGERTIAN SENI
  • Seni berasal dari kata Sani yang artinya Jiwa yang luhur / ketulusan hati. 
  • Seni dapat pula dikatakan sebagai sebuah “Art” yang artinya barang / karya sebuah kegiatan. 
  • Seni adalah salah satu manifestasi dan pancaran rasa keindahan, pemikiran, kesenangan dan perasaan yang lahir dari seniman. Ini merupakan hasil ide para seniman yang berlandaskan imajinasi, pengetahuan, pendidikan, inspirasi, dan tenaga seniman. 
Definisi Seni Menurut Para Ahli :
  1. Seni menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai suatu karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa. 
  2. Plato, Seni adalah karya yang berasal dari peniruan bentuk alam dengan segala segi-seginya atau mendekati bentuk alam/natural. Ex : Melukis Danau sesuai dengan aslinya 
  3. Aristoteles, Seni adalah karya yang berasal dari alam, kemudian dibuat lebih indah sesuai ide dari pencipta/seniman Ex : Melukis Danau dengan penambahan ide, sehingga tampak lebih indah dari aslinya 
  4. Shubert Read, Seni adalah karya manusia yang lebih mengutamakan segi kreativitas fisik dan psikologis Ex : Melukis danau dengan sentuhan imajinasi si seniman 
  5. Claire Holt, Seni adalah unsur budaya yang penting yang memberi nilai keindahan, keselarasan, dan keseimbangan ( dalam karyanya yang berjudul “Art in Indonesia”) 
  6. Seni menurut Raymond William mencakup berbagai bidang seperti seni halus (video, lukisan, arca), seni rupa, seni ukir, seni keramik, seni logam, seni tekstil, seni sastra, seni pementasan, dan seni musik. 
  7. Dr. Sidi Gazalba menyatakan bahwa seni itu indah dan indah itu adalah baik. (Seni memerlukan nilai kebaikan, kebenaran, dan moral yang tinggi) 
  8. Kotta, seni sebagai kualitas, hasil ekspresi, atau alam keindahan atau segala hal yang melebihi keasliannya serta klasifikasi objek-subjek terhadap kriteria esteti 
  9. J.J Hogman, Kesenian adalah sesuatu yang mempunyai unsur ideas, activities, dan artifacts. 
  10. Ki Hajar Dewantara, seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan dan sifat indah, sehingga menggerakan jiwa perasaan manusia 
  11. Ahdian Karta Miharja, seni adalah kegiatan rohani yang mereflesikan realitas dalam suatu karya yang bentuk dan isinya mempunya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohaninya penerimanya. 
  12. Drs. Sudarmaji, seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang,garis,warna,tekstur,volume dan gelap terang. 
  13. Drs Popo Iskandar, seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin di sampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok. 
  14. Prof. Drs. Suwaji bastomi, seni adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa takjub dan haru. 
  15. Enslikopedia Indonesia, seni adalah penciptaan segala hal atau benda yang karena keindahannya orang senang melihatnya atau mendengarnya. 
  16. Schopenhauer, seni adalah segala usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Menurut tiap orang senang dengan seni music meskipun seni musik adalah seni yang paling abstrak 
  17. Eric Ariyanto, seni adalah kegiatan rohani atau aktivitas batin yang di refleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya. 
  18. Kuntjaraningrat, Kesenian adalah suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan dimana kompleks aktivitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia. 
  19. William A. Haviland, Kesenian adalah keseluruhan sistem yang melibatkan proses penggunaan imajinasi manusia secara kreatif di dalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu 
  20. Irving Stone, Kesenian adalah kebutuhan pokok. Seperti roti atau anggur atau mantel hangat dimusim dingin. Mereka yang mengira kesenian adalah barang mewah, pikirannya tidak utuh. Roh manusia menjadi lapar akan kesenian seperti halnya perutnya keroncongan minta makan 
  21. Dr.Yustiono, mengartikan ilmu sebagai suatu cabang studi yang berkenaan dengan observasi dan klasifikasi fakta, khususnya dengan penetapan hukum-hukum yang teruji baik melalui induksi maupun hipotesis atau secara khusus, ilmu berarti pengetahuan yang disepakati dan terakumulasi serta disusun dan dirumuskan dengan merujuk kepada pendapatan kebenaran umum atau gerak hukum umum. 
  22. Dra.Nuning Y.Damayanti,Dipl.Art. = Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreatifitas manusia. 
  23. Ira Adriati, M.Sn. = seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu, dan suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu. 
  24. Irma Damayanti, M.Sn. = seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreatifitas manusia. Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai, bahwa masing-masing individu artis memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya 
  25. Drs.Rizki Akhmad Zaelani = Kata "seni" adalah sebuah kata yang semua orang di pastikan mengenalnya, walaupun dengan kadar pemahaman yang berbeda. Konon kabarnya kata seni berasal dari kata "SANI" yang kurang lebih artinya "Jiwa Yang Luhur/ Ketulusan jiwa". Mungkin saya memaknainya dengan keberangkatan orang/ seniaman saat akan membuat karya seni, namun menurut kajian ilimu di eropa mengatakan "ART" (artivisial) yang artinya kurang lebih adalah barang/ atau karya dari sebuah kegiatan. Namun kita tidaka usah mempersoalkan makna ini, karena kenyataannya kalu kita memperdebatkan makna yang seperti ini akan semakain memperkeruh suasana kesenian, biarlah orang memilih yang mana terserah mereka. 
  26. Menurut Alexander Baum Garton, Seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan. 
  27. Emanuel Kant, Seni adalah sebuah impian karena rumus rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan. 
  28. Menurut Leo Tolstoy, Seni adalah menimbulkan kembali perasaan yang pernah dialami. 
B. FUNGSI SENI
Fungsi seni dapat dibedakan menjadi dua yaitu

a. Fungsi individual
Fungsi indifidual ada dua yaitu:

1. Pemenuhan kebutuhan fisik
Dalam hal ini seni berfungsi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seseorang. Misalnya seni bangunan tempat tinggal, dekorasi memperindah ruangan dan taman, seni menata makanan, seni berpakaian dll

2. Pemenuhan kebutuhan emosional.
Seni berfungsi untuk memenuhi kebutuhan yang tidak nyata.Misalnya mengapresiasi karya lukisan dan karya musik yang hasilnya berupa kepuasan atau sebaliknya.

b. Fungsi Sosial
Berarti bahwa seni merupakan sarana komunikasi antara seniman dengan penikmat seni,serta lingkungan.

Fungsi sosial ada empat yaitu :
1. Bidang rekreasi, seni dapat berfungsi untuk menhilangkan kejenuhan. Misalnya nonton konser, menonton seni tari atau teater.
2. Bidang komunikasi, seniman berkomunikasi melalui karyanya dengan penikmat seni, dan lingkungannya, misalnya kita memahami lukisan seseorang, menghayati lagu orang lain dan sebagainya.
3. Bidang keagamaan, seni tidak terpisahkan dari kehidupan beragama, misalnya, seni baca Al Qur’an, pujian Nasyid, karya kaligrafi, dan lain-lain.
4. Bidang pendidikan, kemampuan dasar yang dapat dikembangkan melalui seni meliputi :
Perkembangan fisik adalah kemampuan gerak motorik seperti, menggambar, membentuk, memotong, menari, dan lain-lain.
Daya serap yaitu kemampuan merespon dan menyerap kesan yang di terangkan ke dalam lukisan , menyerap gerak sesama penari, reaksi lawan main dalam drama dan sebagainya.
Emosi berkaitan dengan kemampuan manusia mengungkapkan perasaan secara bebas dan spontan,misalnya sebuah lagu sering kalki merupakan tumpahan emosi pengalaman pencipta.
Daya cipta atau kreatifitas berkaitan dengan kemampuan manusia berfikir kretif unik dan khas.

C. TUJUAN SENI
Seni bertujuan sebagai :

a. Media ekspresi
Tujuan penciptaan karya seni semata-mata untuk keperluan pemuasan emosi dan batri penikmat serta senimannya, seni ditujukan untuk seni semata.
b. Media komersial
Dalam hal ini faktor keuntungan materi sangat diperhitungkan. walaupun demikian, unsur keindahan tetap diperhatikan karena unsur ini dapat menaikkan harga karya tersebut.
Contoh:
- Busana dirancang sesuai mode masa kini tentu memiliki nilai jual lebih tinggi denga mode yang biasa.
- Buku bacaan yang dikemas dengan baik akan lebih menarik perhatian


D. CABANG-CABANG SENI

1. Seni Rupa
Seni rupa merupakan salah satu dari cabang seni yang identik dengan penglihatan (visual) meskipun sebenarnya seni rupa juga bisa dirasakan melalui indra peraba. Seni yang tercipta karena pengolahan titik, bidang, garis, volume, bentuk, tekstur dan gelap terang (pencahayaan) ini merupakan cabang seni yang banyak sekali terdapat disekitar kita. Misalnya saja lukisan, patung dan sebagainya.

2. Seni Musik
Musik merupakan sebuah bunyi yang mengandung irama, lagu dan keharmonisan yang indah. Musik biasanya ditimbulkan oleh alat-alat musik, meskipun demikian suara manusia yang indah juga bisa dikatakan sebagai musik. Musik yang diciptakan dari suara manusia disebut dengan vokal sedangkan musik yang ditimbulkan dari alat musik dinamakan dengan Instrumental.

3. Seni Tari
Seni tari merupakan gerak tubuh berirama yang diiringi tingkah laku dan mimik seseorang sehingga timbullah suatu keindahan. Sebuah tari biasanya akan dibarengi dengan musik supaya bisa menambah keindahan tari tersebut. Yang dimaksud dengan musik disini adalah sebuah bunyi-bunyian yang mengatur dan mengiringi gerakan si penari.

4. Seni SastraSeni sastra (kesusastraan) merupakan merupakan jenis tulisan yang mempunyai sebuah arti dan keindahan tertentu. Kesusastraan berasal dari bahasa sansekerta yaitu susastra. Su memiliki arti baik sedangkan sastra memiliki arti buku, jadi kesusastraan artinya buku (tulisan) yang memiliki bahasa yang baik dan Indah.

5. Seni Drama/Teater
Kata drama sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu Dramos yang dalam bahasa Indonesianya adalah Pertunjukan tentang kehidupan seseorang, jadi drama merupakan sebuah pertunjukan (lakon) yang ditampilkan dalam sebuah pentas. Dalam mementaskan sebuah drama bisa melalui berbagai macam media yang meliputi panggung, Televisi, Film dan masih banyak lagi. Contoh drama di Indonesia dapat anda temui disekitar anda, misalnya saja untuk daerah jawa tengah mengenal yang namanya Wayang orang, ludruk dan ketoprak.

D.1. JENIS-JENIS SENI RUPA

A. Seni rupa berdasarkan jenis matra/dimensi dibagi menjadi dua :
Seni rupa dua matra/dimensi : karya seni rupa berbentuk datar atau dua ukuran yang hanya dapat dipandang dari arah depan saja, misalnya, gambar atau lukisan.

Seni rupa tiga matra/dimensi : karya seni rupa dapat dipandang dari berbagai arah dan memiliki ukuran panjang,lebar, tinggi, dan volume misalnya : patung, keramik dan arsitektur/seni bangun

B. Karya seni rupa berdasarkan tujuannya dibagi menjadi dua
Seni rupa murni (pare/fine art) merupakan seni rupa yang tidak memperhatikan unsur praktis. Karya seni rupa murni diciptakan khusus berdasarkan kreativitas dan ekspresi pribadi pembuatnya


Veri Apriyatno
'Flowers empathy', 120 X 80 cm., Oil on Canvas

Seni rupa terapan, (applied art) adalah karya seni rupa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang mana mengandung nilai fungsi tertentu di samping nilai seni yang dimilikinya. Fungsi karya seni rupa bisa dibedakan menjadi dua, yaitu fungsi estetis dan fungsi praktis.

Seni Rupa Terapan Terbagi atas :
Rumah Adat
Senjata Tradisional
Transportasi Tradisional
Seni Kriya
Seni Kriya secara garis besar bisa dibagi dalam 4 kelompok, antara lain :
Kriya Pahat
Kriya Tekstil
Kriya Anyaman
Kriya Keramik

D.2. CABANG-CABANG SENI RUPA
Seni rupa yang mempunyai pengertian seperti tersebut di atas, mempunyai cabang antara lain :

1. Seni Lukis dan Gambar
Seni Lukis :Adalah seni yang diwujudkan lewat rangkaian garis, dipulas dengan pewarna (cat), dibatasi oleh bidang, dan mempunyai nilai raba serta disusun secara gelap terang sehingga membentuk sebuah karya visual yang memiliki arti dan konsep tertentu.



"Gadis dibawah sinar Bulan purnama" by Basuki Abdullah, Medium: Oil on canvas, Size: 119,5cm x 119,5cm
*) Koleksi Bung Karno

1. Seni Gambar
Seni gambar sering disamakan artinya dengan seni lukis, kedua istilah ini menurut penulis mengandung makna yang berbeda. Kedua kata tersebut memiliki tujuan yang sama, yakni mencipta atau membuat bentuk tertentu yakni bentuk alamiah dan abstrak dengan media dua dimensi yang berukuran panjang kali lebar. Yang berbeda adalah cara untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Seni gambar lebih mengutamakan unsur garis untuk membuat bentuk atau wujud tertentu dimana garis adalah salah satu bagian dari unsur fisik rupa (elemen desain). Sedangkan seni lukis mengutamakan unsur warna dan tekstur lihat atau barik semu untuk mencipta bentuk tertentu.

Sebuah gambar dalam bahasa Inggris disebut "drawing" yang berarti gambaran atau penarikan. Penarikan dengan memakai alat tertentu yang ujungnya runcing atau tumpul akan menghasilkan goresan. Goresan sama dengan garis. Dengan sebuah atau beberapa buah garis, kita dapat menciptakan sebuah bidang, bentuk, tekstur, dan dapat menimbulkan kesan gerak, karakter, dan arah tertentu.
Jadi kesimpulannya Seni gambar adalah karya seni dua dimensi yang menggunakan medium garis sebagai unsur utamanya yang berfungsi untuk membabarkan ide rasional, merekam peristiwa, hingga untuk kebutuhan ekspresi.

Jenis-Jenis gambar :
Gambar Teknik
Gambar Ilustrasi
Gambar Bentuk
Gambar Ornament
Gambar Sket/Sketsa

2. Seni Relief
Adalah seni yang diwujudkan lewat pahatan yang mempunyai kedalaman, tinggi rendah dalam sebidang kayu atau batu.

3. Seni Patung / Pahat
Adalah seni yang diwujudkan lewat teknik membentuk / membutsir, memahat / mengurangi, atau menata / konstruksi, dan berbentuk 3 dimensi.
Teknik membentuk / membutsir untuk membuat patung dengan bahan Lunak (misalnya : tanah liat)



o Teknik memahat / mengurangi untuk membuat patung dengan bahan keras (misalnya : kayu, batu, dll)



Teknik menata / menyusun untuk membuat patung konstruksi dengan menata bahan yang sudah berbentuk (misalnya : bentuk daribahan besi, kayu,plastik, dll)

4. Seni DekorasiAdalah seni yang diwujudkan lewat penataan atau pengaturan (interior atau eksterior)


5. Seni Bangunan / Arsitektur
Adalah seni yang diwujudkan lewat pengaturan atau bentukan dari bahan-bahan material bangunan. Biasanya diawali dengan pola gambar, sehingga menjadi suatu bentuk bangun yang indah dan menarik.



6. Seni Kerajinan atau Kria ( Batik, Anyam, Keramik, dan Ukir )
Adalah seni yang diwujudkan lewat ketrampilan tangan, dan menghasilkan bentuk yang mempunyai kegunaan sebagai benda pakai atau benda hias.



7. Seni Cetak / Grafis (cetak Datar, cetak Saring, cetak Tinggi, dan cetak Dalam)

Adalah Seni yang diwujudkan lewat cetakan dari klise atau media negatif.
Cetak Datar : bagian yang menghantarkan warna atau tinta dengan yang permukaanya tidak sama (misalnya : cetak offset ).
Cetak Saring : bagian yang berlubang yang menghantarkan warna atau tinta ( misalnya : Sablon )
Cetak Tinggi : bagian yang permukaanya tinggi atau menonjol yang menghantarkan warna atau tinta ( misalnya : cetak cukil )
Cetak Dalam : bagian yang dalam atau rendah akan menampung tinta dan menghantarkan warna atau tinta (misalnya : cetak gores pada media mika / plastik)

8. Seni Reklame
Adalah seni yang diwujudkan lewat gambar atau tulisan yang berfungsi untuk mempromosikan hasil produksi (dagangan).
Reklame berasal dari bahasa latin re berarti berulang-ulang dan clamare berarti seruan. Jadi reklame berarti seruan berulang-ulang.

Jenis-jenis reklame antara lain :

o Poster
Reklame berbentuk gambar dan tulisan yang dibuat di atas selembar kertas dan ditempel di tempat umum

o Booklet
Reklame berbentuk menyerupai buku atau lembaran kertas yang dilipat-lipat berisi informasi produk secara lengkap.

o Selebaran
Reklame berbentuk gambar dan atau tulisan di atas kertas kecil berisi petunjuk yang cara penyampaiannya dengan cara disebarkan.
o Embalase
Reklame yang terdapat pada monster atau kemasan benda yang direklamekan (misalnya kaleng kemasan susu, disamping sebagai tempat juga berfungsi sebagai reklame)

o Mobile
Reklame yang dapat bergerak sendiri (oleh tiupan angin), biasanya banyak digantung di toko-toko.

o Iklan
Reklame yang cara penyampaiannya melalui media elektronik ( misalnya : Radio, TV)

o Advertising
Reklame yang cara penyampaiannya melalui media cetak ( misalnya : majalah, koran)

o Logo
Reklame berbentuk gambar sebagai lambang atau simbol (misalnya simbol instansi)

o Initial
Reklame berbentuk huruf depan sebagai lambang atau simbol ( misalnya simbol instansi / perusahaan)

o Spanduk
Reklame yang dibuat pada sehelai kain atau bahan lain memanjang, dibentangkan di tempat ramai.

o Baliho
Reklame yang dibuat dalam ukuran besar berisi tulisan dan gambar yang pemasangannya di tempat ramai (misalnya: dipasang melintang di atas jalan, dipermpatan, dsb)

o Papan Nama
Reklame berbentuk papan berisi tulisan dan atau gambar yang penempatannya di depan tempat tinggal (biasanya berisi tulisan yang menunjukkan nama, profesi, atau nama instansi)

Menurut media yang digunakan reklame dikelompokkan menjadi 3 yaitu :
o Reklame Visual
Suatu bentuk reklame yang menggunakan media visual seperti: gambar dan tulisan.

o Reklame Audio
Suatu bentuk reklame yang menggunakan media suara, sehingga cara menerima penyampaian dengan mendengarkan.
o Reklame Audio-Visual
Suatu bentuk reklame yang menggunakan media rupa (visual) dan suara (audio).sehingga cara menerima penyampaian dengan cara melihat bentuknya dan mendengarkan informasinya.

Menurut fungsi dan tujuannya reklame dibedakan menjadi 2 yaitu :

o Reklame Komersial
Suatu bentuk reklame yang proses pembuatannya digunakan untuk mereklamekan barang dagangan untuk mendapatkan keuntungan material.

o Reklame Non-Komersial
Suatu bentuk reklame yang proses pembuatannya digunakan untuk menyampaikan informasi dan slogan yang bersifat sosial atau tanpa mengharapkan keuntungan material.

9. Seni Illustrasi
Adalah seni yang diwujudkan lewat gambar atau lukisan, yang berfungsi untuk memperjelas suatu tulisan atau cerita, misalnya untuk memperjelas tulisan pada majalah, buku, dan lai-lain.

10. Seni Kaligrafi
Adalah seni yang diwujudkan lewat penulisan huruf yang mempunyai bentuk dan bermakna, misalnya : kaligrafi huruf Arab

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Seni, diakses tanggal 15 Mei 2015
http://najwasumargo.blogspot.com/2010/01/wawasan-seni-rupa-wawasan-seni-pada.html, diakses tanggal 15 Mei 2015
http://teorisenigambar.blogspot.com/2008/10/pendahuluan.html, diakses tanggal 15 Mei 2015
http://lelang-lukisanmaestro.blogspot.com/2011/07/lukisan-karya-basuki-abdullah.html
http://andysenibudaya.blogspot.com/2009/12/wawasan-seni.html, diakses tanggal 15 Mei 2015

4 comments :