a) Pengantar Proyeksi
Menggambar proyeksi adalah menggambar suatu objek nyata atau imajiner terhadap suatu bidang datar dengan metode yang sistematis. Objek tersebut dapat berupa titik-titik, garis-garis, bidang-bidang, benda-benda atau perpaduan dari beberapa diantaranya yang ada di dalam ruangan. Hasilnya akan memberikan pengertian atau informasi tentang bentuk, ukuran dan posisi objek benda tersebut dalam bentuk dua dimensi.Menggambar proyeksi pada dasarnya menggunakan garis atau sinar sebagai alat memproyeksikan objek benda, secara garis besar dibagi menjadi dua yaitu system paralel proyeksi dan system central proyeksi.
b) Perlunya Menggambar Proyeksi :
1. Gambar 3 dimensi cukup mudah dipahami. Namun gambar 3 dimensi, punya kelemahan-kelemahan, al sbb:
- Hanya memperlihatkan 3 bidang permukaan
- Diperlukan 2 gambar 3D untuk menghasilkan bentuk utuh obyek. Perlu teknik tertentu untuk mengetahui hubungan antar kedua gambar (sayangnya belum ada, atau tidak perlu ada!)
- Pemberian ukuran cukup rumit
- Dengan gambar 2 dimensi Teknik Proyeksi, semua garis pada semua bidang permukaan dapat dicari hubungannya.
2. Pemberian ukuran cukup sederhana
3. Pemberian keterangan tanpa perlu mengganggu gambarnya
c) Fungsi Gambar Teknik :
1. Penyampaian Informasi2. Penyimpanan dan penggunaan keterangan (data teknis)3. Cara-cara pemikiran (perencanaan) dalam penyiapan informasi
Pandangan Proyeksi
Konstruksi Bidang Gambar pada Kubus Kaca
Cara Pembukaan Kubus Kaca
(Bidang Gambar)
Permukaan kubus memiliki 3 sumbu (x,y,z). Agar semua bidang gambar memiliki 2 sumbu saja (sb x dan y), maka bidang gambar dibuka dg rotasi agar sejajar sb x dan y bidang Tampak Depan.
Cara Pembukaan Kubus Kaca
Selanjutnya sumbu X dan Y kubus (= sb. Tampak Depan) diputar agar sejajar dengan sumbu kertas gambar
Bidang Proyeksi
Perhatikan bentuk gambar berikut !
Penjelasan gambar
Untuk mendapatkan bidang-bidang proyeksi yang datar, dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Sumbu o-x dan o-z dianggap sebagai engsel, sedangkan sumbu o-y dianggap dapat dibagi menjadi dua bilah.
2. Bidang P1 diputar ke bawah hingga datar dengan bidang P2.
3. Bidang P3 diputar ke samping hingga datar dengan P3 (perhatikan Gam bar. B).
Sumber :
https://adoc.tips/menggambar-mistar-i-pengertian-menggambar-mistar.html, diaksaes tanggal 10 Juli 2014
https://adoc.tips/menggambar-mistar-i-pengertian-menggambar-mistar.html, diaksaes tanggal 10 Juli 2014
0 Comments:
Post a Comment